Sarinah “Usaha Ritel Jati Diri Indonesia”

Sarinah  Inilah Yang Mendidik Aku

Membantu Ibuku Membantu Bapakku

Untuk Mendidik Aku

Mendidik Cinta Kepada Rakyat Jelata

Mendidik Mengerti

Bahwa Segala Sesuatu Di Negeri Ini

Tergantung DaripadaRakyat Jelata

-Bung Karno-

Kutipan Soekarno ini merupakan sebagai wujud terima kasih dan penghargaan terhadap sosok perempuan yang menjadi pengasuhnya dimasa kecil yaitu Sarinah.

Kemudian nama ini dijadikan sebagai nama pusat perbelanjaan oleh Presiden Soekarno. Berdiri pada tanggal 17 Agustus 1962 dan diresmikan pada tanggal 15 Agustus 1966,  Sarinah merupakan Department Store pertama Indonesia dan menjadikan sebagai gedung pencakar langit pertama di Indonesia

Tujuan awal dibangun adalah untuk memenuhi kebutuhan rakyat untuk mendapatkan barang dengan harga murah, mutu yang terjamin ditengah kondisi ekonomi Indonesia dengan daya beli yang lemah dan taraf hidup yang merosot.

 

Perkembangan Sarinah dalam Ritel Indonesia

Bapak Gusti Nugrah Putu selaku Direktur Utama Sarinah memberikan sambutan  dalam kunjungan kami ke Sarinah. Beliau memaparkan potensi dan pertumbuhan industri ritel di Indonesia. Sarinah sebagai pionir ritel Indonesia berupaya menjadi salah satu ritel pilihan utama masyarakat Indonesia.  Menurut data A.T Kearney, Global Ritel Development Index (GRDI)  Indoensia pada tahun 2016 berada posisi 5 dengan skor GRDI 55,6 di bawah Tiongkok, India, Malaysia, dan Kazakhstan dengan penjualan ritel sebesar US$342 miliar, tahun 2017 diprediksi jumlah ini akan meningkat di tahun 2017. Sektor Fast Moving Consumer Good (FMGC) dan F&B (Food and Beverage) akan menjadi mesin pertumbuhan sektor ritel di tahun 2017 diprediksi akan mencapai sekitar 10,6%.

 

Sarinah Jendela Produk Indonesia

Diskusi pun dilanjutkan oleh Ibu Lies Permana Lesatari selaku Direktur Bisnis Retail. Beliau memaparkan Sarinah tetap mempertahankan Sarinah sebagai barometer produk nasional. Sarinah terus mendukung produk UMKM dan komunitas lokal untuk terus berkembang dan menjadi tuan rumah di negara sendiri dan mampu bersaing hingga mancanegara. Saat ini terdapat ratusan produk UMKM dari berbagai daerah di Indonesia yang dipasarkan di Sarinah. Salah satu yang menarik disini adalah Sarinah juga memasarkan produk dari warga binaan dari beberapa lembaga permasyarakatan di daerah. Saat ini Sarinah berfokus menjadi The Window Of Indonesia.

Sekedar informasi untuk saat ini Sarinah tengah mengembangkan brand fashion untuk hijab, yaitu Shareena. Brand ini terbilang cukup baru di dunia fashion hijab semenjak peluncuran awalnya di tahun 2014. Untuk modelnya mengikuti trend masa kini dengan pilihan warna yang fashionable.

 

Tantangan dan Prospek

Di usia yang ke 50 tahun PT Sarinah terus bertransformasi dan berkembang secara berkesinambungan dengan  berencana melakukan ekspansi dengan memperluas lahan yang dimilikinya kini dengan membangun Sarinah Square. Luas bangunan akan diperluas lima kali lipat dari luas saat ini yaitu 3.000 meter persegi. menjadi 17.000 meter persegi.

Di sekarang fenomena e-commerce dan belanja online yang semakin meningkat, Sarinah juga berinovasi dengan membuka layanan penjualan dan pelayanan konsumen via online. Berbagai tawaran dan promo menarik pun aktif dilakukan. Untuk Informasinya selanjutnya bisa diakses melalui :

http://www.sarinah.co.id/

http://sarinahshop.blanja.com/ 

Facebook        : Sarinah Indonesia

Twitter             : @SarinahOnline

Instagram        : Sarinah Indonesia

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s